Minggu, 08 Juni 2014

Getas

Bismillah....


Getas adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut yang digoreng dan dibalut/dibesta dengan gula. Biasanya sering dijumpai di pasar-pasar tradisional, ada yang pake tepung ketan hitam dan banyak pula yang pake tepung beras ketan putih. Kali ini aku bikin yang pake tepung ketan putih biasa. Sebenernya udah lama bikin kue getas ini, sejak lihat postingan dari mbak Citra Ummu Fatima langsung nyatet dan masuk di bookmark. Tapi baru sempat bikin tadi pagi, kebetulan di rumah ada tepung ketan dan ada kelapa setengah tua yang pas banget buat getas ini. Getas ini empuk banget sampe sore, dan rasanya seperti yang aku harapkan....dengan memakai separuh dari kelapa setangah tua, menjadikan getas ini gurih banget. Langsung aja ya, aku copaskan resep dari mba Citra ini....sebelumya makasih ya mbak resepnya.

 Getas
source : Simply Cooking and Baking

Bahan-bahan :
300 gram tepung ketan putih 
150 gram kelapa parut kasar (aku pake setengah butir kelapa setengah tua)
1/2 sendok teh garam 
200 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa, bisa pakai santan dingin
minyak untuk menggoreng 
Bahan Pelapis:
150 gram gula pasir 
75 ml air
Cara Membuat :
Campur tepung ketan putih, kelapa parut kasar, dan garam. Aduk rata. Tuang santan sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis.
Ambil sedikit adonan. Bentuk oval pipih.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat dan dinginkan. 
Pelapis: panaskan gula pasir dan air sambil diaduk sampai berbusa dan kental.
Masukkan getas yang sudah digoreng. (klo larutan gula masih encer jangan buru2 dimasukkan getasnya). Aduk sampai terbalut. Kecilkan api. Aduk terus menerus sampai getas terbalut gula dan air gula mengering/gula mengkristal. Angkat dan sajikan

Selamat mencoba...^^

Dinikmati anget-anget tambah mantab rasanya, perpaduan rasa gurih dan manis yang pas menjadikan kue ini favorit mulai jaman dulu.


Ga rugi deh sering-sering bikin cemilan ini, udah bahannya murah, rasa enak dan bikinnya juga ga ribet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...