Rabu, 16 Oktober 2013

Konversi takaran ke ukuran sendok teh dan sendok makan

Ketika mempraktekkan resep masakan, para ibu kerap kali mengalami kesulitan jika sudah berhadapan dengan ukuran bahan yang harus digunakan. Misalnya dalam resep dituliskan bahwa bahan terdiri dari 1 cup tepung terigu, 50 gr coklat bubuk, 200 ml air, dan lain-lain.

Kesulitan itu timbul jika di rumah tidak tersedia timbangan dan gelas ukur. Sesungguhnya ada cara mudah mengatasi persoalan ini, yaitu dengan mengkorvensi patokan takaran bahan memasak dengan ukuran sendok teh dan sendok makan.

Takaran berat (gram) beberapa jenis bahan dan volume (ml/cc) dapat dikonversikan  ke takaran sendok teh sebagai berikut :
a. 1 sendok teh = 5 ml = 5 cc

b. 1 sendok teh gula pasir = 4 gram

c. 1 sendok teh soda kue = 4 gram

Selain ke sendok teh, takaran bahan dalam resep juga dapat dikonversikan ke takaran sendok makan, antara lain sebagai berikut :
a. 1 sendok makan = 15 ml = 15 cc

b. 1 sendok makan tepung terigu = 10 gram

c. 1 sendok makan gula pasir = 20gram

d. 1 sendok makan gula merah = 15 gram

e. 1 sendok makan brown sugar = 10 gram

f. 1 sendok makan gula bubuk = 10 gram

g. 1 sendok makan mentega = 15 gram

h. 1 sendok makan margarin = 15 gram

i. 1 sendok makan coklat bubuk = 5 gram


Untuk mengkonversi ukuran ini adalah ukuran sendok, baik sendok teh maupun sendok makan peres (tidak munjung). Konversi ke ukuran sendok teh maupun sendok makan ini akan memudahkan siapa saja, terutama para ibu yang mempunyai hobby memasak untuk mempraktekkan resep.

Dengan konversi ukuran ini bahan tetap dapat ditakar mendekati takaran aslinya, meskipun tanpa menggunakan gelas ukur maupun timbangan. Jadi hasil masakanpun bisa sama seperti yang diajatkan dalam buku resep.

Source : http://www.bimbingan.org/ukuran-sendok-teh.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...