Jumat, 03 Oktober 2014

Terang Bulan Pandan

Bismillah....


Ceritanya di rumah semua pada puasa Arafah untuk menyambut hari Raya Idul Adha. Pengen bikin cemilan buat takjil buka puasa. Lagi puasa enaknya bikin cemilan yang ga ribet tapi semua suka. Pilihan akhirnya jatuh ke martabak atau terang bulan, udah bikinnya ga ribet, semua juga doyan. Ga ada kata tidak untuk menyantap terang bulan ini.


Untuk kali ini terang bulannya aku tambahin pasta pandan agar lebih cantik aja. Resep tetep dan masih setia dengan resep yang ini, cuma kemarin aku tambahin pasta pandan. Isian yang digunakanpun optional ya, tergantung kesukaan dan selera aja, bisa meises coklat, keju, kacang ataupun dicampur....semua sama enaknya. Berhubung di rumah persediaan yang ada cuma meises coklat dan keju, ya udah deh aku kasih isian itu aja.

Terang Bulan  Pandan
Source : Jajane Vivi

Bahan :
500gr       Tepung terigu protein sedang
1sdt          Baking powder
150gr       Gula pasir
2btr          Kuning telur
1/4sdt       Vanili bubuk
1/2sdt       Garam
750cc       Air
pasta pandan (tambahan dari aku)

Bahan taburan per loyang :
1sdm     Margarine
1sdm     Gula pasir
2sdm     Meses
50gr       Keju cheddar

Bahan tambahan perloyang : (utk ukuran loyang 22 cm)
1/4sdt    Baking powder
1/4sdt    Soda kue

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan gula pasir tambahkan kuning telur, vanili, pasta pandan dan garam.
  2. Tuang air kedalam adonan, mikser dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.
  3. Karena cetakan ku lumayan gede, jadi adonan aku bagi 4. Sebelum adonan dituang ke cetakan tambahkan 1/4sdt baking powder dan 1/4sdt soda kue, aduk rata.
  4. Kemudian tuang adonan dicetakan yang sudah dipanaskan dengan api kecil selama 15 menit. Cetakan tidak perlu dioles margarine.
  5. Biarkan Adonan berbusa/lubang2 kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
  6. Oles terang bulan dengan margarine. Tabur meses dan keju parut. Potong 2 dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarine



Cetakan yang digunakan untuk bikin terang bulan ini juga ga harus pake cetakan khusus ya....kemarin aku pake cetakan teflon, hasilnya juga nyerat dan ga kalah sama yang pake cetakan terang bulan. Kenapa aku ga pake cetakan terang bulan, kayaknya kalo pake teflon ngelepas terang bulannya juga mudah, ga seribet yang pake cetakan asli terang bulan yang dari besi itu.


Selamat Mencoba....^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...