Selasa, 10 Desember 2013

LBT#28 Cake In Jar



Kali ini tema LBT#28 adalah cake in jar.
Cake in jar bisa diartikan sebagai cake yang dikemas di toples kecil. Inovasi cake in jar sebenarnya sudah dimulai sekitar tahun 2011 dan masih banyak diminati hingga saat ini. Cake ini disajikan dalam toples-toples kecil yang lucu sehingga menjadi sangat menarik. Untuk menikmati cake in jar, kita tidak memerlukan lagi pisau untuk memotong cake dan juga piring kue karena kreasi cake in jar bisa langsung dinikmati dari toples kemasannya.

Terdapat dua cara untuk membuat cake in jar. Pertama, bisa membuat adonan kue dan memanggangnya terlebih dahulu, lalu dipotong sesuai bentuk stoples dan disusun bersama beberapa lapisan krim atau tambahan lainnya. Yang kedua dengan cara menuangkan adonan kue ke dalam toples lalu dipanggang. Cake yang bisa digunakan sebagai cake in jar contohnya adalah rainbow cake, black forest, ombre cake, red velvet cake, tiramisu, carrot cake, cheese cake dan lain sebagainya. Untuk krim atau fillingnya bisa memakai buttercream, whipcream, ganache, cream cheese frosting dan lain sebagainya disesuaikan dengan base cake yang dipakai dan tentunya dengan selera masing-masing.

Kemasan yang digunakan biasanya adalah mason jar, toples kaca dengan tutup botol ulir yang diputar. Jenis jar ini biasanya digunakan untuk mengawetkan atau menyimpan acar atau selai. Kita bisa memanfaatkan yang kita punya di rumah, misalnya botol bekas selai, gelas bening atau bahkan cup mika.(source by LBT).
Alhamdulillah...di rumah aq punya toples kecil yg aq dapat dari souvenir pernikahan. Untuk cake aq bikin sponge cake yang aq kasih 3 warna yang aq tuang di loyang secara acak sehingga menghasilkan warna pelangi (meskipun cuma 3 warna...hihihi)



Sponge Cake 
source : Sajian Sedap
 Bahan-bahan :
5 butir telur (aq pake 3 btr telur)
100 gram gula pasir (aq pake 60 gram)
1 sendok teh emulsifier
125 gram tepung terigu protein sedang (aq pake 75 gram)
100 gram margarin, dilelehkan (aq pake 60 gram)
Cara Pengolahan :
  1. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Tuang di loyang diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  5. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...