Jumat, 14 Februari 2014

Jemblem


Heheee....kue tradisional ini punya banyak nama samaran. Ada yang nyebut Jemblem, combro atau bola-bola ubi, soalnya bentuknya bunder dan terbuat dari ubi/singkong. Kue Jemblem ini merupakan salah satu kue tradisional yang masih bertahan di era Modern ini. Terbuat dari singkong yang berisi gula Jawa yang lembut membuat kue jemblem ini begitu nikmat.


Resep Kue Jemblem

Bahan :
1 kg singkong
250 gram gula merah, sisir halus
1/2 sdt garam
minya goreng secukupnya, untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Kupas singkong, cuci bersih lalulkukus singkong hngga matang. Setelah matang, dalam keadaan hangat segera tumbuk singkong hingga halus, sisihkan
2. Beri singkong halus dengan garam
3. Ambil segenggam adonan singkong, bentuk bulat lalu pipihkan, isi bagian tengahnya dengan 1 sdt gula merah, lalu bulatkan kembali singkong. Lakukan hingga adonan habis.
4. Panaskan minyak volume banyak dengan api sedang. goreng singkong hingga matang dan berwarna kecoklatan.
5. Angkat dan jemblem siap disajikan

Selamat Mencoba....:)



Untuk mendapatkan hasil yang enak dan bagus, yang terpenting harus mencari ubi pulut (yang baru), yaitu ubi yang lembut tidak keras dan ubi kuning sehingga hasilnya benar-benar punel. Salah satu cara memilih ubi pulut adalah kulit ari ubi banyak yang mengelupas, tidak mulus. Dan jika tanah pada ubi masih kelihatan basah dan segar itu pertanda ubinya baru.



Ini hasilnya setelah dipotong, enak dan punel bangeeet...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...