Sabtu, 08 Maret 2014

Prol Tape Singkong

Bismillah....

Weekend kemarin aku, suami dan anakku pulang ke rumah Bondowoso. Emang hampir tiap bulan aku dan klrg selalu pulang kesana. Kayaknya semua udah pada tau klo di Bondowoso makanan khasnya adalah tape singkong. Sebetulnya di tiap kota ada tape, tapi ga tau kenapa tape Bondowoso selalu lbh manis, keset dan enak dibanding tape dari kota lain. Sabtu pagi umik mertuaku beliin tape sebanyak 3 besek besar (masing2 berisi 2kg), yang 1 besek udah mateng dan yang 2 besek lagi br mateng esok harinya. Akhirnya tape yang udah mateng itu aku bikin prol tape, yang cara bikinnya simple dan cepet banget. Resep aku dapat dari umik mertuaku ini, secara udah hapal resepnya dan tinggal cemplung-cemplung aja. kemarin sempat aku catet juga....siapa tau ada yang pengen bikin buat cemilan di rumah.

Prol Tape Singkong

Bahan :
500 gram tape singkong
100 gram tepung terigu
150 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdt baking powder
3 sdm mentega cair
1 sachet susu bubuk

Cara membuat :
1. Tape dibuang seratnya kemudian dihaluskan
2. Telur, gula pasir dikocong sampai mengembang.
3. Masukkan tape, tepung terigu, susu bubuk dan baking powder. Aduk sampai rata
4. Masukkan mentega cair, aduk lagi sampai tercampur rata
5. Panaskan cetakan lumpur (aku pake cetakan teflon), panggang adonan sekitar 5 menit
6. Balik adonan sekitar 3 menit agar lapisan atas agak sedikit gosong.
7. Angkat adonan, olesi permukaan prol dengan mentega. Sajikan

Selamat mencoba....^^

Adonan bisa juga dipanggang dengan menggunakan oven, tapi cara tersebut agak lama matengnya dan tidak perlu dibalik lagi. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...