Sabtu, 14 Juni 2014

Kembang Goyang

Bismillah....
Kue Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional dan kue jadul. Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue kembang goyang dibuat dari tepung beras. Kue kering ini disebut Kembang Goyang karena ketika akan digoreng cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas. Seiring perkembangan, kue ini pun mengalami penambahan varian rasa. Beberapa tetes essens frambozen, essens pandan, dan biji wijen sebagai variasi rasa hingga penambahan warna membuat penampilan kembang goyang terlihat begitu menarik. Sebagai kue yang dihidangkan di toples bening, kembang goyang sangat cantik jika ditata dengan apik. Sesuai namanya, kue kembang goyang bentuknya menyerupai bunga atau kembang yang sedang mekar (wikipedia)
Resep aku plek menggunakan resepnya temanku Fifi, hasilnya ternyata sangat memuaskan ...dengan rasa manis yang pas dan kuenya sangat renyah . Aku copaskan resepnya ya....buat Fifi makasih ya say buat semua resepnya....muaaaach...

KEMBANG GOYANG

250gr      Tepung beras
1btr           Telur, kocok lepas
1/4sdt       Garam
50gr         Gula pasir
350cc      Santan
1sdm        Wijen hitam
 Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata dan gula larut.
Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Celupkan cetakan kedalam minyak goreng hingga panas, kemudian celupkan cetakan ke dalam adonan (jgn sampai cetakan tertutup adonan semua supaya kue mudah dilepas). Masukkan cetakan yang sudah dicelup adonan  ke dalam wajan sambil di goyang-goyang hingga lepas. Goreng hingga matang.

Selamat Mencoba....^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...