Sabtu, 20 September 2014

Lumpur Kentang Pandan Nangka

Bismillah.....


Kue Lumpur merupakan makanan tradisional yang legit sekali serta terbuat dari bahan utama dari kentang ataupun pandan. Makanan ini sudah amat jarang ditemui padahal rasanya lembut dengan beberapa variasi rasa. Pada bagian tengahnya terdapat kismis atau taburan bahan lain yang anda suka. Kali ini aku bikin 2 versi, yang satu aku tambahin nangka untuk campurannya dan satunya cuma aku tambahin kismis aja untuk abah sama umikku yang diabetes, secara beliau tidak boleh mengkonsumsi nangka.


Kue lumpur ini menjadi kegemaran masyarakat indonesia apalagi dengan bahan utamanya kentang. Hampir semua penjual makanan ini lebih memilih menggunakan kentang agar menghasilkan tekstur yang lebih lembut. Termasuk dalam salah satu kue basah ini adalah jajanan pasar yang murah meriah tapi memberikan rasa dengan tekstur lembutnya. Perpaduan aroma pandan dan nangka serta rasanya yang legit bikin ketagihan yang memakannya....^^



Untuk resep aku menggunakan resep dari Pak Sahak dan Teh Nenis cuma aku tambahin pasta dan nangka agar lebih legit rasanya.

Kue Lumpur
By Sahak Pribadi & Nenis Bkr


Bahan :
- Kentang ( kukus ) 250 g
- Terigu protein sedang 175 g
- Gula pasir 175 g
- Susu bubuk 30 g
- Vanili bubuk 1/2 sdt
- Telur 2 butir
- Santan cair ( dari 1 butir kelapa ) 300 ml
- Margarin ( cairkan ) 100 g
- Kismis 50 g
- Pasta pandan secukupnya (tambahan dari aku
- 100 gr nangka, potng dadu (tambahan dari aku juga, sedikit buat taburan)


Cara Membuat : 
1. Kocok kentang, terigu, gula pasir, susu bubuk, dan vanili dengan mikser kecepatan sedang hingga rata
2. Masukkan telur secara perlahan sambil terus di aduk rata
3. Tuang santan, aduk rata
4. Tambahkan margarin, pasta pandan dan irisan nangka, aduk rata
5. Tuang 1 sendok sayur adonan ke cetakan. Lakukan hingga adonan habis. Panggang hingga setengah matang
6. Taburi kismis atau nangka, panggang lagi hingga matang.

Selamat mencoba...



Untuk menghasilkan kue lumpur yang lembut pilih kentang mentega. Kemarin aku pake cetakan yang terbuat dari teflon lebih cepet soalnya tidak bolak balik mengoleskan mentega di cetakannya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...